5 Bahaya Buruk Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Resikonya!

SUMO99 – Tidur adalah peran penting bagi kesehatan tubuhsecara keseluruhan. Orang dewasa normalnya membutuhkan 7-8 jam tidur per hari agar metabolisme tubuh kembali dapat bekerja dengan baik ketika Anda bangun tidur.

Namun, bahaya ketika Anda melakukan aktivitas tidur dipagi hari. Hal tersebut dilakukan karena malam hari terlalu begadang, sehingga jam normal yang semestinya akan terganggu sehingga Anda mengalami kurang tidur.

Tidur pagi sebetulnya baik, asalkan dilakukan sekali-sekali demi mengisi lubang pada durasi tidur Anda. Hanya saja, bila Anda terus-menerus begadang dan melawan jam biologis Anda sendiri, maka jangan heran bila Anda mengalami bahaya tidur pagi. Simak ulasannya berikut ini, dikutip dari beberapa sumber.

1. Resiko diabetes

Studi menyebutkan bahwa bahaya tidur pagi karena kurang tidur pada malam harinya memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan adanya perubahan jam biologis yang juga mengakibatkan perubahan metabolisme di dalam tubuh, terutama menyangkut cara tubuh mengolah glukosa (gula) menjadi energi.

Tak hanya itu, orang yang tidurnya bermasalah berpotensi bertambah nafsu makan yang juga meningkatkan risiko diabetes. Tentunya, selain risiko diabetes, terlalu banyak makan juga dapat membuat berat badan jadi bertambah.

2. Resiko penyakit jantung

Kondisi ini mengakibatkan tekanan darah ke jantung lebih tinggi sekaligus meningkatkan level zat kimia tertentu di dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya peradangan internal. Tekanan darah yang tinggi dan peradangan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh.

3. Sulit fokus dan konsentrasi berfikir

Penelitian membuktikan bahwa tidur selama 7-8 jam pada malam hari dapat membuat seseorang dapat berpikir lebih jernih, mudah mendapatkan ide, dan mampu memecahkan masalah.

Oleh karena itu, orang yang sering tidur pagi atau kurang tidur menjadi lebih sulit untuk fokus bekerja. Tentunya, hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja tubuh, otak, serta produktivitas kerjamu baik di kantor, sekolah, atau rumah.

4. Berubahnya mood

Jika Anda tidur kurang dari enam jam dalam semalam, kemungkinan besar Anda akan rentan mengalami bad mood dan sering marah keesokan harinya.  Bahkan kurang tidur juga dipercaya dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi.

5. Menurunkan tingkat kesuburan

Sebuah penelitian mengungkap bahwa kurang tidur dapat mengurangi produksi hormon reproduksi pada pria dan wanita sehingga mengakibatkan tingkat kesuburan menurun.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, dan senantiasa menjaga kesehatan tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *